Hello gan..
Selamat datang kembali di blog ane..
Kali ini ane akan cerita mengenai pengalaman menggunakan FDR Genzi (Genzi lama) dan Genzi Pro (Genzi terbaru), ane pake ukuran 80/80 (depan) dan 90/80 (belakang), dimana ukuran ban standar pabrikan 70/90 dan 80/90, ukuran velg ane 1.40-17 dan 1/60-17.
Secara OJMX ane dulu selama pake IRC, ane ngerasa kurang puas karena kurang ganteng & sporty aja, makanya ane ambil keputusan untuk ganti ban lebih besar dan tubeless. Pertama, ane mau review ttg Genzi lama dulu, ane pake ban ini tepat 2 tahun bulan desember 2014 ini, dulu pake tahun 2012 gara2 naksir ban Genzi ini pas dipajang di toko ban.
Selamat datang kembali di blog ane..
Kali ini ane akan cerita mengenai pengalaman menggunakan FDR Genzi (Genzi lama) dan Genzi Pro (Genzi terbaru), ane pake ukuran 80/80 (depan) dan 90/80 (belakang), dimana ukuran ban standar pabrikan 70/90 dan 80/90, ukuran velg ane 1.40-17 dan 1/60-17.
Secara OJMX ane dulu selama pake IRC, ane ngerasa kurang puas karena kurang ganteng & sporty aja, makanya ane ambil keputusan untuk ganti ban lebih besar dan tubeless. Pertama, ane mau review ttg Genzi lama dulu, ane pake ban ini tepat 2 tahun bulan desember 2014 ini, dulu pake tahun 2012 gara2 naksir ban Genzi ini pas dipajang di toko ban.
Selama pake FDR Genzi ini oke banget lah dan ane puas. Ada yg bilang Genzi itu licin pas jalanan basah, ya itu sih tergantung gimana kondisinya. Ane ngerasa gak begitu, kalo pun licin juga baru2 ini saja karena alur udah gundul. Genzi lama ini udah menemani ane untuk pemakaian harian dan jalan2 jauh, pemakaian harian paling ke kossan dan kampus dan kalo jalan2 jauh ya ke Solo, Kulonprogo, Gunungkidul, dan naik2 ke daerah gunung. Genzi ini mulai anteng emang pas di jalan lurus dan halus, ane sering tes beberapa memang oke lah. Karena ban lebih besar, top speed juga meningkat dan kestabilan di kecepatan tinggi juga bagus.
Genzi ini walaupun udah gundul, masih bagus daya cengkeramnya, terbukti ane pernah kecepatan 125kmh lagi jalan lurus, tiba2 depan ada bapak2 pake motor nyeberang sembarangan dan memang membahayakan sekali, sontak ane reflek narik rem depan dalam2 dan injek rem belakang dalam2, wow OJMX kagak ngesot kanan kiri atau slip ban sama sekali. Posisi ban tetap lurus dan sedikit ngesot posisi lurus tanpa menimbulkan bunyi "cciiiiiittttt.....!!!", selain didukung kemampuan rem OJMX ane, ban Genzi yang gundul juga masih oke untuk menapak ke aspal. Ane melakukan rem tersebut sampe hampir berhadapan dgn si bapak, sampe dirasa kecepatan mencukupi untuk manuver ke kanan baru lah ane ambil sisi kanan untuk menghindari si bapak.
Bulan Desember 2014, OJMX ane mulai goyang kemudi di ajak miring2 dan di ajak jalan pelan, ane mulai curiga Genzi minta diganti. Pagi jam 10an setelah ane pulang dari kampus, langsung menuju toko ban yg katanya recommended banget. Ane gak sebutin merk ya, maaf hehee.
Pilih sana sini, konsul dengan mekanik, akhirnya terpilih lah Genzi Pro sepasang dgn ukuran 80/80 dan 90/80. Selain model alurnya, budget yang ane punya juga cuma 450ribu. Okelah mulai dibuka deh tuh ban Genzi lama ane, wow compound bannya sampe udah keras gan, ya gimana kedua ban Genzi ane ini udah kemana2. Tapi maaf lagi belum sempet ane foto, keasikan ngobrol dengan si mekanik. Sepasang ban tubeless ban FDR Genzi Pro pun dipasang, keren gan pake mesin, jadi gak perlu takut velg bakaln coak karena didongkelin pake besi congkel. Setelah Genzi Pro terpasang, wow tampang OJMX ane tambah ganteng aja nih, terlihat lebih padat kaki-kakinya, secara bentuk Genzi Pro lebih besar dari Genzi lama.
Pilih sana sini, konsul dengan mekanik, akhirnya terpilih lah Genzi Pro sepasang dgn ukuran 80/80 dan 90/80. Selain model alurnya, budget yang ane punya juga cuma 450ribu. Okelah mulai dibuka deh tuh ban Genzi lama ane, wow compound bannya sampe udah keras gan, ya gimana kedua ban Genzi ane ini udah kemana2. Tapi maaf lagi belum sempet ane foto, keasikan ngobrol dengan si mekanik. Sepasang ban tubeless ban FDR Genzi Pro pun dipasang, keren gan pake mesin, jadi gak perlu takut velg bakaln coak karena didongkelin pake besi congkel. Setelah Genzi Pro terpasang, wow tampang OJMX ane tambah ganteng aja nih, terlihat lebih padat kaki-kakinya, secara bentuk Genzi Pro lebih besar dari Genzi lama.
tampak depan
tampak belakang
FDR Genzi Pro ini pun ane tes cornering di jalan kosong, yang aspalnya lmyan halus, wahaa anteng dan nurut diajak miring. Lebih anteng ketimbang Genzi lama. Permukaan ban yang lebih lebar juga mempengaruhi daya cengkeramnya di aspal. Esok harinya, hujan turun, kebetulan ane juga lagi mau pulang karena hari Sabtu. Begitu ujan reda, ane cabut dari kossan menuju rumah yang berjarak kurang lebih 40KM. Ane lewat jalan desa yang jalanannya enak buat miring2, langsung saja ane tes ban Genzi Pro untuk keadaan basah. Mantap bro.. Stabil dan nurut walaupun jalanan basah.
OJMX ane juga terasa lebih tinggi dari sebelumnya, dan untuk top speed masih sama pas pake Genzi lama, anteng buat kenceng. Tapi ane belum berani buat akselerasi mendadak, karena ban baru jadi masih disayang - sayang hahahaaa. Untuk kecepatan yang didapatkan tiap gear-nya, berikut yang ane bisa kasih :
OJMX ane juga terasa lebih tinggi dari sebelumnya, dan untuk top speed masih sama pas pake Genzi lama, anteng buat kenceng. Tapi ane belum berani buat akselerasi mendadak, karena ban baru jadi masih disayang - sayang hahahaaa. Untuk kecepatan yang didapatkan tiap gear-nya, berikut yang ane bisa kasih :
- Gear 1 = 40kmh
- Gear 2 = 75 kmh
- Gear 3 = 100 kmh
- Gear 4 = 115 - 125 kmh
Untuk gear 4 terasa beda tergantung jarak jalan dan keadaan lalu lintas. Tapi urusan gas yang ane putar, gak perlu bentot dalem karena untuk ngimbangi ban tubeless yang ane pake selama ini, ane selalu pake Pertamax dan sesekali pake Pertamax Plus, secara kompresi OJMX 10,9 sobb, gede banget untuk ukuran bebek. Dan untuk oli ane juga pake yg semi-sintetik, Shell AX7 10w-40, harganya 50ribu.
Selama ane pake Genzi Pro ini juga tetap ada lah yg bilang Genzi kan licin mendingan merk lain. Yaa terserah lah mau bilang apa, lagipula ane pake ini cuma buat harian dan jalan2. Kalo pun dibilang licin pas jalanan basah, yaudah gak perlu ngebut2 dan miring, jalan pelan2 aja, toh nanti juga bisa sampai di tujuan juga.
Keuntungan dan kerugian yang ane rasakan selama pake tubeless, berikut ini yang ane bisa jelaskan gan..
Keuntungan :
Keuntungan :
- Stabil dan anteng buat kecepatan tinggi
- Tidak goyang buat belok terutama cornering atau miring2
- Gak perlu takut kalo injek paku
- Bisa pake cairan anti bocor
- Kontruksi ban lebih kuat
- Lebih ganteng dan motor keliatan lebih sporty
- Enak buat touring
- Akselerasi berat
- Ongkos tambal ban lebih mahal
- Harus pake velg racing, terutama tapak lebar
- Kalo kena jalanan tidak rata, jadi kurang stabil karena tanpa ban dalam
- Direkomendasikan untuk jalanan kota yang halus dan rata
- Kurang cocok buat naik2 ke jalanan gunung
Sekian dulu review yang bisa ane ceritakan gan..
Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan agan untuk memilih ban..
Dan sekali lagi, di sini gak bermaksud membanggakan suatu merk tertentu, ane hanya menjelaskan apa yang ane rasakan selama pake merk tersebut..
Ane saranin sih kalo ganti kalo bisa naik 1 step dari ukuran pabrikan, jangan diturunkan, karena menyangkut keselamatan agan - agan. Terlebih saat di jalanan basah atau jalanan tidak rata.
Terbukti, ban yg lebih besar 1 step lebih aman, untuk konsumsi bahan bakar yg ane rasakan juga sama saja, tapi memang akselerasi terasa kurang. Oleh karena itu, pemutas gas juga diperhitungkan.
Salam safety riding gan!! :D :D
Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan agan untuk memilih ban..
Dan sekali lagi, di sini gak bermaksud membanggakan suatu merk tertentu, ane hanya menjelaskan apa yang ane rasakan selama pake merk tersebut..
Ane saranin sih kalo ganti kalo bisa naik 1 step dari ukuran pabrikan, jangan diturunkan, karena menyangkut keselamatan agan - agan. Terlebih saat di jalanan basah atau jalanan tidak rata.
Terbukti, ban yg lebih besar 1 step lebih aman, untuk konsumsi bahan bakar yg ane rasakan juga sama saja, tapi memang akselerasi terasa kurang. Oleh karena itu, pemutas gas juga diperhitungkan.
Salam safety riding gan!! :D :D
boleh tanya, kalau honda vario techno menggunakan ban ukuran 90-80 utk ban belakang apakah cocok?
www.promohargadaihatsu.com
terima kasih agan Angga..
sebelumnya mohon maaf baru ane balas..
menurut saya, cocok saja karena ukuran standar ban belakang vario 90/90.. bila dipasang 90/80 akan terlihat lebih pendek namun lebar ban masih sama dengan ukuran standarnya..
sekian terima kasih..
Thankyou bro.. membantu bgt review Genzi yg barunya soalnya ini saya jg lagi mau beli Ban baru ban yg lama udah gundul Haha
kl OJMX ane depan naik 2 step. belakang 3 step gan. depan 90/80 belakang 110/80.kebetulan belakang sudah gundul. mau ganti genzi kembali. kalo boleh tau gan, kelebihan yang genzi pro apa yah?
sorry gan setelah di cek. rupanya bukan genzi ban ane x_x. salah ingat nama..
Genzi pro licin ah, ane lagi pake nih, buat kering mantep tapi kalo basah licin euy
Broo, ojmx ban belakang mentok di ukuran berapa yoo?
haha santai gan.
btw, ane juga mau ganti merk lain, kebetulan genzi yg ane review udah habis. maklum udah 2 tahun, buat jalan sana sini cukup jauh juga.
yup setuju sm agan.
tapi itu ane rasakan setelah 1 tahun pake.
semua kembali pada feeling masing2.
kebetulan sebentar lagi pas 2 tahun, genzi pro ane udah mulai gundul depan belakang.
terima kasih atas komentarnya gan.
ane sendiri blm pernah ngalamin make ukuran maksimalnya.
tapi menurut pengalaman kawan2 ane, katanya 110/70. dn ukuran segitu juga tapak ban hanya di tengah2 saja, sdgkan pinggirnya hmpir tdk kena aspal (kecuali belokan miring).
terima kasih reviewnya, ane juga udah lama pake mx dengan genzi lama saat ini baru ganti yang pro lagi dicoba.
Menurut saya,menaikkan ukuran ban harus di imbangi dgn Velg yang sesuai,semakin besar ukuran ban semakin mendonat dan akan sedikit sekali permukaan ban yang menapak ke jalan.
Gan klo mio fino sporty saya make genzi 90/80 depan sama blakang cocok nggak ??
klo buat rxking bagusnya pake ukuran brapa om velg jari jari ring 17×160 mohon masukanya
80/80 donat